Banyuwangi, Surganya Wisata di Indonesia

Banyuwangi, Surganya Wisata di Indonesia – Banyuwangi adalah sebuah kabupaten dan merangkap sebagai kota yang berlokasi di bagian timur di Pulau Jawa. Karena dengan lokasi tersebut, maka Banyuwangi menjadi sebuah kota transit untuk para wisatawan yang akan berliburan ke Bali dengan melewati pelabuhan Ketapang.

Ada beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang lumayan terkenal sampai mancanegara. Dan dari beberapa tempat wisata di Banyuwangi memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda-beda. Jadi jangan sampai terlewatkan dengan wisata di Banyuwangi jika anda ingin menikmati wisata di Banyuwangi.

Destinasi wisata di Banyuwangi

Dengan menjadi kota transit tidak berarti kota Banyuwangi ini tidak memiliki keistimewaan. Banyuwangi mempunyai berbagai macam destinasi wisata yang sangat menarik dan wajib untuk anda kunjungi.

Kawah Ijen

Kawah ijen adalah salah satu wisata yang ada di Banyuwangi yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya, yang berada diatas ketinggian sekitar 2.368 meter yang berada diatas permukaan air laut. Ditempat ini memiliki kawah dengan luas 20 km dengan dikelilingi dinding kaldera dengan ketinggian 300 sampai dengan 500 meter yang siapa saja dapat menyaksikan dengan keindahannya.

Walaupun dikawah ini sangat menarik para wisatawan untuk selalu mendekat, tapi anda harus tetap berhati-hati, karena suhu dikawah ini mencapai hingga 200 derajat celcius yang memiliki tingkat keasaman dan mampu meleburkan pakaian serta tubuh manusia sekalipun.

Yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah bloe fire atau api biru. Api ini berada dibawah kawah dan memiliki warna biru, jadi akan terlihat sangat indah jika kondisi yang ada disekitarnya semakin gelap. Jika anda ingin melihat keindahan ditempat ini, maka anda harus datang pada dini hari, supaya bisa  melihat keindahan dari api biru.

Hal lain yang menarik di tempat ini yaitu, anda bisa melihat langsung kegiatan tambang belerang. Karena kawah Ijen ini adalah salah satu tambang belerang yang berada di Indonesia.

Ditempat ini ternyata para penambang tidak menggunakan sebuah alat yang canggih untuk mendapatkan hasil tambangannya, para penambang lagsung turun dan mendekati kawah untuk mengambil batangan belerang dengan menggunakan alat yang seadanya saja, tanpa menggunakan alat pengaman yang memadai. Dengan berat belerang sekitar 80 sampai 100 kg dibawa ke pos pengumpulan belerang.

Pantai Rajegwesi

Pantai ini berada di desa Sarongan, Pasanggaran adalah salah satu tempat wisata dan sekaligus sebuah sejarah yang sungguh menarik untuk dikunjungi. Ditempat ini anda dapat menikmati keindahan pantai serta beberapa peninggalan bersejarah peninggalan dari bangsa Jepang pada masa penjajahan.

Keunikan yang ada dipantai ini berbeda dengan pantai-pantai yang lain. Dengan warna pasir yang coklat serta pasir yang lembut merupakan suatu keunikan tersendiri yang ada di pantai ini. Selain memiliki keunikan dan peninggalan bersejarah, anda juga dapat menyaksikan kehidupan sehari-hari masyarakat sekitarnya yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan. Selain itu ditempat ini juga disediakan hotel dekat wisata Banyuwangi dan juga homestay dekat wisata Banyuwangi yang dapat anda gunakan untuk menginap atau pun hanya sekedar bersandar saja.

Pantai watu Dodol

Pantai ini dapat dengan mudah untuk ditemukan jika rute perjalanan dari Jember melewati Ketapang dan sekitarnya. Kawasan pantai ini dapat ditandai dengan adanya batu yang besar yang berada ditengah jalan serta terdapat patung Gandrung yaitu penari khas dari Banyuwangi.

Pantai Watu Dodol berlokasi 2 km dari pelabuhan Ketapang yang merupakan porosnya Kota Banyuwangi. Disini anda juga dapat menikmati keindahan tempat wisata dari bukit yang tempatnya didekat pantai. Jika anda merasa lapar, anda tidak usah khawatir karena disini terdapat banyak warung makan yang dapat memanjakan lidah anda. Selain itu juga disediakan homestay dekat wisata Banyuwangi untuk tempat peristirahatan para wisatawan.

Teluk hijau

Green Bay atau Teluk Hijau mempunyai air yang sangat jernih dan berwarna kehijauan yang sungguh indah dan menakjubkan. Tempat wisata ini merupakan kawasan dari Taman Nasional Meru Betri yang mempunyai hamparan pasir yang sangat lembut serta hutan tropis yang mengelilingi teluk ini.

Ada banyak sekali aktivitas yang dapat anda lakukan di sini, seperti snorkeling, bermain pasir, berenang, dan memancing. Selain itu, disini juga terdapat air terjun Bidadari yang dapat anda kunjungi. Air terjun Bidadari ini mempunyai ketinggian sekitar 8 meter yang dahulunya untuk tempat mandi para Bidadari. Ditempat ini juga disediakan homestay dekat wisata Banyuwangi jika anda ingin sekedar beristirahat untuk melepaskan penat.

Transportasi wisata di Banyuwangi

Untuk dapat menjelajahi surga wisata di Banyuwangi tidak dapat menggunakan angkuatan umum. Sehingga untuk jalur aksesnya dapat dikatakan cukup sulit, atau malah tidak ada sama sekali. Namun disarankan untuk anda, jika ingin menjelajahi wisata di Banyuwangi, akan lebih baik jika anda menggunakan kendaraan pribadi.

Jika anda berasal dari luar Jawa, anda dapat turun di Bandara Juanda Surabaya, atau juga dapat turun di stasiun Gubeng Surabaya. Setelah itu, anda dapat charter mobil menuju ke Banyuwangi, atau anda juga dapat naik bus atau naik kereta api dengan menuju ke banyuwangi, setelah itu anda dapat menyewa mobil pribadi dari Banyuwangi. Setelah itu anda dapat menjelajahi surga wisata di Banyuwangi.

Sarana akomodasi

Hotel dekat wisata Banyuwangi merupakan salah satu persiapan sebelum berwisata. Ada banyak sekali hotel dekat wisata Banyuwangi yang memberikan berbagai macam fasilitas, mulai dari fasilitas yang sederhana sampai dengan fasilitas yang mahal, semua fasilitas tersebut sudah tersedia disana.

Selain itu, harga yang ditawarkan di hotel dekat wisata Banyuwangi pun juga bermacam-macam. Ada hotel dekat wisata Banyuwangi yang menawarkan harga sekitar 50.000 saja, atau bahkan ada juga yang dibawahnya. Akan tetapi, fasilitas yang ditawarkan di hotel tersebut juga sangat terbatas. Karena sekarang ini ibarat, ada harga ada rupa.

Akan tetapi, jika anda menginginkan fasilitas hotel dekat wisata Banyuwangi yang lengkap, harganya sekitar 250.00 sampai dengan 1,.000.000 per malamnya. Selain itu untuk hotel dekat wisata Banyuwangi dapat melakukan pemesan terlebih dahulu, jadi sesampainya dilokasi dapat secara langsung menuju tempatnya.

Tips berwisata di Banyuwangi

Berikut ada beberapa tips untuk anda tentang tips berwisata di Banyuwangi, berikut tipsnya:

  1. Pada saat liburan usahakan untuk membawa kresek dengan ukuran yang sedang difungsikan untuk mengangkut sampah yang berserakan, jika sudah penuh dapat dibuang pada tempatnya.
  2. Pada saat liburan usahakan untuk membawa makanan sendiri karena untuk persiapan jika merasa lapar selama perjalanan.
  3. Setiba di lokasi sempatkanlah untuk beristirahat sejenak, supaya stamina badan dapat kembali
  4. Jangan lupa bawa obat-obatan, karena buat jaga-jaga jika pada saat dilokasi wisata tiba-tiba sakit.

 

Nah, itulah wisata di Banyuwangi yang wajib anda kunjungi dan beberapa tips berwisata di Banyuwangi yang dapat anda lakukan. Selain menyajikan pemandangan yang indah, anda juga dapat menikmati beberapa fasilitas yang disediakan seperti, hotel dekat wisata Banyuwangi, homestay dekat wisata Banyuwangi dan masih banyak lagi fasilitas yang disediakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *