RENTAL MOBIL BANYUWANGIRENTAL MOBIL BANYUWANGI
Forgot password?

WISATA TAMAN NASIONAL BALURAN

Taman Nasional Baluran adalah salah satu Taman Nasional di Indonesia yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi(sebelah utara), Jawa Timur, Indonesia. Nama dari Taman Nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran. Gerbang untuk masuk ke Taman Nasional Baluran berada di 7°55’17.76″S dan 114°23’15.27″E. Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Tipe vegetasi sabanamendominasi kawasan Taman Nasional Baluran yakni sekitar 40 persen dari total luas lahan.

Taman Nasional Baluran termasuk dalam salah satu Taman Nasional Indonesia dan sekaligus merupakan destinasi wisata alam yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo, tepatnya berada di sebelah utara Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur. Nama dari taman nasional tersebut sengaja diambil dari nama gunung yang berada di kawasan tersebut yaitu Gunung Baluran. Taman Nasional ini terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Taman Nasional Baluran ini menawarkan panorama keindahan alam dan satwa liarnya ketika berwisata ke lokasi tersebut. Taman Nasional Baluran ini bisa ditempuh dengan menggunakan berbagai kendaraan baik mobil, sepeda motor, atau angkutan umum. Lokasi Taman Nasional Baluran ini terletak 255 km dari Kota Surabaya, 35 km dari Banyuwangi, dan 60 km dari Situbondo.

Di dalam Taman Nasional ini terdapat sekitar 444 jenis tumbuhan asli dan yang mampu beradaptasi dalam kondisi sangat kering. Terdapat 26 jenis satwa, seperti banteng, kerbau liar, kijang, rusa, macan tutul, kancil, dan kucing bakau. Bahkan terdapat pula 155 spesies burung yang hidup di kawasan Taman Nasional Baluran. Jika ingin melihat keindahan Taman Nasional Baluran dari ketinggian, maka bisa mengunjungi pos pengamatan yang ada di kawasan tersebut.

Dari atas pos pengamatan bisa mengamati keindahan Taman Nasional Baluran dan jika beruntung, maka bisa melihat tarian burung merak pada saat sedang musim kawin. Untuk akses menuju Taman Nasional Baluran, jika Anda berkunjung ke lokasi pada hari Senin – Sabtu maka harus membayar retribusi sekitar Rp 5.000 per orangnya untuk wisatawan domestik, Rp 150.000 untuk wisatawan asing, dan untuk kendaraan roda dua Rp 5.000 sedangkan kendaraan roda 4 sebesar Rp 10.000.

Jika Anda berkunjung dihari Minggu tentunya biaya masuk lebih mahal, yaitu Rp 7.500 per orangnya untuk wisatawan domestik, Rp 225.000 untuk wisatawan asing, dan untuk kendaraan roda dua Rp 7.500 sedangkan kendaraan roda 4 sebesar Rp 15.000. Memasuki Taman Nasional Baluran pengunjung akan disambut dengan hutan musim yang sangat lebat sepanjang 5 km. Kemudian sekitar 6 – 9 km, pengunjung akan disambut dengan indahnya pemandangan hujan yang hijau atau lebih dikenal dengan Evergreen. Hutan tersebut tampak hijau sepanjang tahunnya karena berada di wilayah cekungan dan terdapat sungai bawah tanah.

Setelah melewati Evergreen, maka sampailah di kawasan padang savana Bekol. Bekol menyuguhkan pemandangan hamparan wilayah padang savana yang luasnya sekitar 300 Ha dan merupakan salah satu savana terluas di Pulau Jawa. Jika berwisata pada saat musim hujan tentunya pemandangan di Bekol akan terlihat lebih hijau karena banyak rumput dan pohon yang tumbuh subur.

Sedangkan apabila musim kemarau, maka Bekol akan tampak sangat gersang dan ditambah lagi ada banyak hewan liar yang berkeliaran untuk mencari makan, hal tersebut mirip seperti pemandangan yang ada di padang savana negara Afrika. Nah dari situlah Taman Nasional Baluran mendapatkan julukan yaitu Little Africa in Java.

Berjalan sekitar 3 km dari Bekol, maka akan sampai di Pantai Bama. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Bama, Anda akan melewati segerombolan monyet liar. Pemandangan Pantai Bama sangat cantik dengan adanya hamparan pasir putih. Jadi cocok sekali untuk berjalan santai di sepanjang pantai maupun melakukan snorkling untuk melihat keindahan bawah laut di sekitar Pantai Bama. Untuk snorkling cukup di pinggiran pesisir pantai saja, karena hanya dengan kedalaman 60 cm saja sudah bisa melihat indahnya vegetasi laut berupa padang lamun yang merupakan sejenis rumput berdaun panjang.

Di dalam Taman Nasional Baluran juga menawarkan berbagai destinasi yang bisa dikunjungi antara lain Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, Pandean atau Candi Bang.

Taman nasional baluran, wisata mbolang, htm taman nasional, Taman baluran mendapat julukan apa, taman wisata baluran, tiket baluran 2017, tiket masuk taman nasional baluran 2017, wisata di taman nasional baluran